XL Future Leaders
Kesempatan Khusus Bagi Mahasiswa Sumatera
Medan, 08 April 2015, PT XL Axiata Tbk (XL)
operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia memberikan kesempatan
khusus bagi mahasiswa putra daerah Kawasan Sumatera Utara untuk bisa menerima
manfaat dari Program XL Future Leaders. Para mahasiswa yang ada di wilayah
Sumatera Utara kini menjadi sasaran utama dari mahasiswa yang akan direkrut
untuk program XL Future Leaders Tahap 4 tahun ini. Selain itu, XL juga akan
memberikan kuota khusus sebesar 20% dari total 145 mahasiswa bagi
mahasiswa berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi. Kebijakan baru
ini merupakan salah satu bentuk komitmen XL untuk mendukung pemerintah dalam
memperluas pemerataan kesempatan mendapatkan pendidikan khusus soft skills
bagi generasi muda berprestasi, sekaligus mendorong dan memperluas
kesempatan bagi anak-anak muda berprestasi di Indonesia untuk bisa menjadi
pemimpin-pemimpin kelas global di masa mendatang. Turina Farouk, VP Corporate
Communications XL, menyatakan hal tersebut dalam sosialisasi XL Future Leaders
4 di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Rabu (08/04).
Turina mengatakan, “Sesuai dengan masukan dari Bapak Menteri
Riset, Teknologi & Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) beberapa waktu lalu,
maka kami akan memberikan kesempatan khusus bagi putra-putri daerah dari
Sumatera Utara untuk bisa ikut menerima manfaat dari program yang sangat bagus
ini. Saya yakin atas besarnya potensi anak-anak muda Indonesia, termasuk mereka
yang berasal dari Sumatera Utara.”
Sementara itu untuk alokasi tempat khusus bagi mahasiswa
berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi, Turina menambahkan, XL
akan memberikan kuota sebesar 20%. Kuota ini bisa terus ditambah seiring dengan
perkembangan program XL Future Leaders di masa mendatang. Dengan
kebijakan baru ini, maka XL berharap semakin luas kesempatan bagi semua
mahasiswa Indonesia untuk bisa mengikuti program-program unggukl dari
XL Future Leaders.
Mulai Maret 2015 ini, XL memulai kembali sosialisasi
Program XL Future Leaders untuk tahun ajaran 2015-2016. Roadshow
sosialisasi diawali dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, awal pekan
lalu (23/3), yang dilanjutkan ke USU, Medan, hari ini. Total, sosialisasi akan
berlangsung di 18 perguruan tinggi negeri dan swasta, yang tersebar di hampir
seluruh wilayah Nusantara, antara lain Pekanbaru, Palembang, Pontianak,
Surabaya, Mataram, Makassar, dan Menado.
Tujuan jangka panjang XL Future Leaders dalam 10 tahun
adalah mencetak 7500 generasi muda calon pemimpin. XL Future Leaders
Tahun 2015 ini menyediakan 145 tempat bagi mahasiswa yang lolos seleksi dalam
tiga tahap. Ketiganya adalah seleksi administrasi, tertulis dan wawancara.
Aspek penilaian tes tertulis akan mencakup hal-hal seperti antara lain
psikotes, bahasa Inggris dan Focus Group Discussion. Program XL
Future Leaders Tahap 4 akan mulai November 2015.
Pendaftaran akan berlangsung mulai tanggal 23 Maret 2015 sampai 30
Mei 2015. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi http://join.xlfutureleaders.com/ . Persyaratan peserta harus
berusia maksimal 21 tahun, serta terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan
tinggi Indonesia dengan IPK minimum 2,8 dan aktif berorganisasi.
XL Future Leaders
mengajarkan tiga kompetensi utama, yaitu Komunikasi Efektif, Managemen
Perubahan, serta Jiwa Kewirausahaan. Ketiga hal tersebut merupakan keahlian
utama atau life skills yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin untuk
mencapai level global. Metoda belajar yang diterapkan berupa perpaduan antara
kelas tatap muka sebanyak lima kali dalam setahun, belajar dengan memanfaatkan
program-program berbasis teknologi informasi komunikasi, serta aktivitas sosial
lapangan.
Sejak
diluncurkan tahun 2012, Program XL Future Leaders telah
merekrut sekitar 400 peserta mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan
tinggi terkemuka di Indonesia. Lebih dari 100 orang peserta angkatan pertama
juga telah berhasil menyelesaikan program pendidikan khusus ini. Selama
menjalani program pendidikan para peserta juga telah menyelesaikan berbagai
aktivitas yang memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Mereka antara lain
melakukan berbagai jenis pelatihan ketrampilan bagi masyarakat sekitar yang
bisa meningkatkan kompetensi dan kualitas lingkungan tempat tinggal. Bahkan, di
sejumlah daerah mereka juga membantu mengangkat potensi wilayah setempat,
antara lain pariwisata.
Tentang XL
XL adalah salah satu
perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara
komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan
seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi
pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat
(Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan
serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21
September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang
tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh
Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn
Bhd (66,5%) dan publik (33,5%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama
dengan Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Idea (India), Celcom (Malaysia), M1
(Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka).
Untuk
informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Tri Wahyuningsih
GM Corporate Relation & Communication Management
XL
Telp
: 0817 113369
0 komentar:
Posting Komentar